Jumat, 20 Maret 2020

Tips n trik magang santai, bahagia, menyenangkan dan task completed on time ala SMK Al Muniroh Gresik

by: Qurotul A'yun, S.Kep ( Guru SMK Al Muniroh ) 

M
enjadi pelajar SMK, kamu akan bertemu dengan salah satu Fase yang tidak akan pernah kamu temui di jenjang SD,SMP atau SMA, apap itu? Yup magang atau PKL (praktek kerja lapangan). Dimana kamu akan masuk ke DU/DI (dunia usaha/Dunia Industri) misalnya : rumah sakit, apotek, perusahaan, CV, percetakan bahkan institusi pemerintah. Disana kamu akan dihadapkan dengan dunia baru, lingkungan baru, suasana baru, orang - orang baru. Bagi pelajar yang menyukai petualangan, ini tentunya hal yang sangat di tunggu - tunggu. Tapi bagi yang lain, hal ini adalah momok tersendiri.
Pengarahan dari Apoteker K-24 Kediri 

Selama magang kamu akan berkesempatan untuk mempraktikkan ilmu dan keahlian yang telah dipelajari. Kamu juga mendapatkan kesempatan untuk menyelesaikan berbagai tugas. Agar masa magang kamu menyenangkan dan memberi hasil maksimal, berikut ini adalah beberapa tips magang untuk kamu yang boleh dicoba.

1. Ketahuilah dengan baik DU/DI tempat kamu magang.

Apotek K-24 Kediri

Istilahnya begini, kamu mau mancing, tentu kamu harus tahu dulu spot spot yang baus buat mancing kan. Nah disini kamu harus cari tahu dulu seluk beluk tentang Du/Di yang akan kamu tempati. Kamu bisa googling, tanya guru atau kakak kelas.

2. Jaga Etika
Walaupun kamu hanya anak magang, kamu wajib hukumnya untuk mematuhi peraturan dan mejaga etika di DU/DI.

3. SKSD (Sok Kenal Sok Dekat) alias jaga komunikasi.

 Shooting

Selama di DU/Di, jangan lupa say Hallo dengan semua warga DU/DI. Karena apa? Kalau kamu disana diam, mereka yang namanya senior kamu juga akan ikut diam. Nah sebaliknya, ketika kamu komunikatif, mereka akan lebih open dengan mu.

Apotek Bening Kediri

4. Open mind.
Berpikirlah terbuka, jangan anggap magang ini sebagai beban. Anggap aja kamu sedang jalan jalan dan cari pengalam baru. Maka semuanya akan terasa ringan.

5. Cicil tugas.
Pastinya akan ada tugas yang harus diselesaikan, don't worry. Kamu tidak akan diminta kerja 24 jam kan? Lha cicil lah tugas magang di sela sela waktu luangmu.
Misalnya, kamu siswa farmasi yang sedang magang di apotek. Kamu diberi tugas untuk copy resep sebanyak resep. Lha suatu hari kamu sedang melayani customer yag membawa resep dokter. Sudah, g usah pikir panjang, langsung aja ambil resep itu untuk dijadikan bahan tugas dan langsung selesaikan. 1 resep done kan. Ah, waktuku masih banyak. Jangan pernah berfikir waktu magangmu masih banyak sehingga kamu bisa mengalihkan perhatian mu dari tugas.


6. Manajemen waktu.
Buat kamu yang magang di luar kota, sebenarnya itu kesempatan bagus buatmu mengenal kota selain kota kamu. Magang tidak melulu tentang tugas. Kamu bisa Explore kota magangmu di saat hari liburmu. Dan masuklah magang sesuai jadwal.


7. No Baper
Jangan kebanyakan baper. Hidup akan lebih indah ketika kata baper hilang dari hatimu.
Dikunjungi Bapak Ibu Guru SMK Al Muniroh 

8. Manajemen Stress.
Tak bisa dipungkiri, stress akan menghantui. Entah itu karena kangen keluarga, karena tugas yang menumpuk dan lain lain. Ambil waktu sejenak untuk VC keluarga, temen dekat, atau nongki bareng temen temen magang lainnya.

Nah, coba di praktikkan ya. Dijamin magangmu akan terasa lebih indah.
 Dan ingat, kamu di kirim magang, bukan berarti Bapak/Ibu guru lepas tangan dengan keadaanmu disana. Jadi kamu bisa sharing apapun dengan Bapak/Ibu Guru.

Tags :

bm

SMK AL MUNIROH

GRESIK

  • " Ing ngarso sang Tulodo " ( Di depan memberi Contoh )
  • " Ing Madyo Mangun Karso " ( Di tengah Memberi Bimbingan )
  • " Tut Wuri Handayani " (Di belakang Memberi Dorongan )

  • : SMK Al Muniroh
  • : Farmasi-DKV
  • : Pangkahwetan Ujungpangkah Gresik
  • : almuniroh.smk@gmail.com
  • : 089677676711